BREAKING NEWS

Solo Travelling Siapa Takut ?...Berikut Tipsnya


Tips Travelling Sendirian - Sahabat TravelEsia Menjelajahi Destinasi Wisata Yang Menajubkan merupakan idaman bagi siapa saja.Contonya berkunjung ke Danau Toba , Taman Nasional Karimun Jawa Atau Bali Selalu Menjadi dream destinasi Para Travellers Indonesia Atau pun Mancanegara.Berwisata dengan Teman Atau Keluarga,Mungkin Sesuatu Hal yang Biasa.Aapakah Sahabat TravelEsia Pernah Mecoba untuk menjelajahi keindahan alam indonesia hanya ada anda seorang.
solo travelling

Solo Travelling

memang menjadi suatu kegiatan travelling yang paling membutuhkan perencanaan yang matang,kenapa tidak?.Karena Sahabat TravelEsia Dituntut untuk lebih mengetahui kondisi destinasi wisata ayang akan anda tuju.

Sebelum Sahabat TravelEsia memutuskan untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata indah di indonesia seorang diri.ada baiknya sahabat TravelEsia Menyimak Tips TravelEsia Ini.Berikut Tips Solo Travelling Untuk anda yang ingin menjelajahi destinasi wisata di indonesia.semoga tips travelling ini dapat membantu sahabat TravelEsia merencanakan perjalanan wisata anda lebih efektiv dan efesien

1.Pilihlah “yang paling” cocok dengan minat anda

 Tips berwisata sendiriLangkah pertama tentu saja Anda harus memilih tujuan wisata secara baik dan matang. Anda juga harus memikirkan keselamatan selama mengunjungi negara-negara tersebut. Penting pula Anda memikirkan faktor lain, seperti keselamatan, apakah negara tersebut aman untuk dikunjungi atau mungkin disana nantinya Anda akan bertemu dengan solo traveler yang ingin berbagi biaya agar lebih hemat. Pikirkan hal-hal tersebut secara baik. Lalu, apakah Anda cukup menguasai bahasa agar dapat berkomunikasi dengan penduduk lokal agar selama Anda berada disuatu tempat tidak merasa kesulitan.

Salah satu hal yang paling menguntungkan dari solo traveling adalah semua kita yang menentukan. Kemana dan apa saja yang mau dilakukan tidak harus bernegosiasi dengan siapapun.
Manfaatkan keleluasaan ini dengan memilih lokasi wisata yang paling nyaman dan cocok. Kalau bisa yang spesifik dan khusus, agar kita bisa mempersiapkan semua dengan cermat pula. Misalnya wisata goa, budaya, gunung, laut, atau belanja.

2. Bersahabat Dengan Pakar Traveling Bernama “TravelEsia

Website Travel Indonesia
Website TravelEsia merupakan website informasi destinasi wisata terbesar di indonesia.website TravelEsia menyuguhkan informasi perjalanan wisata secara terperinci,tujuan nya adalah TravelEsia menjadikan perjalanan wisata anda lebih efektiv dan efesien Saat bicara solo traveling, sebenarnya kita tidak pernah benar-benar sendiri—selagi masih terkoneksi dengan internet.

Dulu, membawa buku panduan saat ber-traveling adalah sebuah kewajiban, tetapi sekarang kita punya pilihan yang lebih cepat, tak terbatas, dan interaktif, yakni internet. Di Google, kita bisa menemukan berbagai catatan perjalan di blog, forum online, atau Twitter.

Semua informasi yang ada di internet, sering kali jauh lebih ter-update dari pada buku panduan. Selain itu, kita juga bisa bertanya langsung kepada travel blogger yang senantiasa senang berbagi pengalaman dan informasi.

3.Persiapkan dengan baik

Tour Planner
Tips wisata sendirian yang paling pertama yakni mempersiapkan bekal untuk kenyamanan dan keamanan apalagi untuk anda yang melakukan Solo Travelling. Persiapkan semua yang diperlukan secara detail, seperti copy passport dan visa, informasi ATM dan credit card, sertifikat kelahiran dan dokumen yang diperlukan lainnya. Simpan surat berharga dengan membuat salinan untuk berjaga-jaga.

Jika anda akan pergi ke suatu daerah, sebaiknya pelajari bahasa dasar yang digunakan disana, tidak perlu harus fasih dan lancar. Pelajari bagian penting dalam bahasa sehari-hari, seperti ucapan selamat, angka, dan pertanyaan umum yang biasa ditanyakan. Dengan begini, Anda dapat semakin dekat dengan masyarakat sekitar.

Walau anda seorang solo traveler yang mandiri, namun tetap jalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar atau kelompok liburan yang Anda temui disana. Dengan bergabung bersama kelompok liburan yang lain seperti bergabung saat mendaki gunung atau pergi ke daerah terpencil, anda pasti akan merasa aman dan perjalanan semakin seru.

4.Persiapkan Akomodasi Dan Transportasi Dengan Baik

solo travelling
  1. Transportasi
    Transportasi ada berbagai macam: pesawat, kereta api, ferry, mobil, bus, dsb.  Tiap orang punya preferensi masing-masing.  Ada yang takut ketinggian ya pasti lebih memilih jalan darat, yang mau cepat ya naik pesawat.  Harganya pun bervariasi.  Nah, jika sudah tahu kapan mau pergi, nggak ada salahnya untuk melakukan book in advance.  Bisa lewat travel fair, travel agents, atau dari situs-situs maskapai penerbangan.  Biasanya tiket yang dipesan beberapa bulan atau setahun sebelumnya lebih murah.  Kalau pun ingin menggunakan kendaraan pribadi, dicek dulu ya kondisi kendaraannya, mulai dari ban, mesin, oli mesin, dsb.
  2. Akomodasi
    Tipe traveler memang bervariasi, ada yang rela tidur di mostel demi beli tas puluhan juta, ada juga yang maunya tidur di hotel yang terjamin kualitasnya tanpa perlu takut mikirin ada serangga lewat di malam hari :D Apa pun pilihan akomodasinya, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan baca review-nya.  Sama seperti transportasi, pesan terlebih dahulu akomodasi Anda.   Biasanya memesan melalui travel agents lebih murah dibandingkan langsung dari hotelnya.  Ada beberapa situs yang Sahabat TravelEsia untuk riset http://www.tripesia.com , http://www.trip.my.id,.
  3. Itinerary / Trip
    Salah satu keuntungan traveling solo adalah mau pergi ke mana pun bisa, nggak perlu diskusi atau adu argumentasi dengan orang lain.  Nah, biasanya Vesta mencari informasi tentang tempat yang dia akan kunjungi terlebih dahulu.  Begitu sampai, ya yang pasti dilakukan adalah mencoba makanan setempat di sana.  Jangan sampai sudah jauh-jauh pergi tapi tetap mencari fast-food restaurant yang sebenarnya sudah banyak sekali di Indonesia.  Jangan mau rugi, dong! :D  Liburan itu salah satu ajang untuk hunting makanan baru yang belum pernah kita coba. Oh iya, jangan lupa untuk minum air mineral saat bepergian.  Terkadang saat seru-serunya menjelajah tempat baru, kita lupa minum dan rawan terkena dehidrasi.  So don’t forget to grab a glass/bottle of water when you’re traveling.

5.Getting lost

solo travelling
Hal terpenting saat melakukan solo traveling adalah bawa peta, kompas, dan beritahu teman atau keluarga kemana anda akan pergi. Sebaiknya lakukan research terlebih dahulu tentang tempat yang akan Anda datangi, jadi sekalipun tersesat,anda akan tetap menikmati perjalanan dan merasa aman. 

Tingkatkan kewaspadaan di setiap lingkungan sekitar Anda. Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan. Usahakan jangan terlihat bingung dan takut saat sendiri. Berusaha selalu tetang dan jangan mudah terpengaruh dengan tindakan yang mungkin sengaja dilakukan para pencuri yang ingin mengganggu anda.

Tips wisata sendirian yang lainnya yakni mencoba beradaptasi dengan penduduk lokal. Sebelum berangkat, kenal dan pelajari adat-istiadat dan kebiasaan yang dilakukan penduduk lokal. Tips keselamatan khususnya untuk solo traveler perempuan yang paling penting tetap mawas diri. Selamat berlibur.

Setelah lima hal di atas sudah siap dengan matang, sekarang saatnya melist-down apa saja yang dibutuhkan saat traveling.  Apa saja? Tergantung destinasinya.  tidak mungkin kita ke puncak pakai baju renang dan bikini seperti ke pantai, kan. Beberapa barang di bawah ini adalah barang-barang yang menurut TravelEsia wajib dibawanya saat bepergian:
  • Baju and the rest of fashion items!  Traveling harus tetep kece, dong. :D
  • Obat-obatan.  Terutama seperti obat diare yang jarang ditemui di tempat yang agak terpencil, apalagi bagi yang memiliki alergi, wajib bawa obat alergi.
  • Sunblock, lipbalm, dan skincare.
  • Lotion anti-nyamuk.
Saat packing, pastikan juga kita mempunyai daftar barang-barang apa saja yang memang perlu dibawa.  Jangan sampai setengah lemari ikut diangkut saat bepergian.  Taruh semua toiletries di koper besar,  kalau dimasukkan ke dalam hand carry biasanya akan berujung dibuang oleh petugas bandara.  Sebaiknya Sahabat TravelEsia memakai luggage organizer untuk menggolongkan barang-barang yang dia perlukan sesuai dengan harinya.  Jadi pakaian, celana, dan segala macamnya yang akan dipakai dan dibutuhkan dipisah berdasarkan hari.  Jadi misalkan, kalau mau mencari sesuatu, sudah tahu kalau hari ini ya jatahnya di luggage organizer yang berwarna biru.  Itu saja yang dikeluarkan dari koper, dan itu saja yang perlu dibongkar.

Intinya kunci untuk traveling solo ada persiapan yang sangat matang.  Dan karena tiap orang memiliki traveling style yang berbeda, kita perlu tahu apa yang diri kita mau.  Jika sudah tahu medan yang ingin didatangi, sudah melakukan riset dan mempersiapkan semuanya,  sudah berani dong jadinya untuk mencoba traveling solo?  Saya mau coba! :)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg