BREAKING NEWS

10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara


Perayaan Halloween Di Berbagai Negara - NusaPediaPerayaan Halloween Di Berbagai Negara merupakan artikel NusaPedia Megazine Kali Ini.Perayaan Halloween Biasanya di Rayakan Pada Setiap Tanggal 31 Oktober Setiap Tahunnya.
10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara

Perayaan Halloween

atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dimana terutama tradisi ini dirayakan di Amerika Serikat. Halloween dirayakan anak-anak dengan menggunakan kostum yang menyeramkan dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah para tetangga untuk meminta permen atau cokelat sambil berkata, “Trick or treat..!”.

Ucapan tersebut adalah semacam ancaman, yang memiliki arti “Beri kami (permen) atau kami jahili..!”. Namun, di jaman sekarang ini anak-anak tidak lagi jahil rumah yang tidak memberikan apa-apa padanya. Tetapi ada juga sebagian anak-anak yang menjahili rumah orang-orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon yang berada di depan rumah mereka dengan tisu toilet, atau menulisi jendela dengan sabun.

Kemudian, Sejarah Halloween itu sendiri berasal dari festival yang dirayakan oleh orang Kelt (penduduk Eropa Tengah) zaman kuno. Festival ini untuk perayaan akhir tahun musim panen, atau disebut dengan ‘Tahun baru Kelt’. Orang Kelt secara turun temurun yang menganut Paganisme (kepercayaan/praktek spiritual penyembahan terhadap berhala) menggunakan kesempatan untuk melakukan festival dengan menyembelih hewan ternak serta menimbun makanan untuk musim dingin.

Malam ini di beberapa tempat di Jakarta, banyak orang merayakan Halloween. Memang tidak sebanyak dan semeriah seperti di negara-negara barat. Perayaan Halloween di Indonesia hanya dirayakan di beberapa kota besar, misalnya Jakarta dan Medan. Beberapa mall dan hotel, malam ini merayakan Halloween dengan mengadakan acara seperti pesta kostum, games, lomba-lomba dan acara-acara menakutkan lainnya. 

Kali Ini NusaPedia Ingin Mengajak Anda Untuk Mengenal Perayaan Halloween Di Berbagai Negara,Adapun Tujuan artikel ini Untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan anda berikut Perayaan Halloween Di Berbagai Negara.

10. Amerika Serikat

10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara
Di Urutan Ke 10 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat Negara Amerika serikat  bisa dibilang sebagai hari libur terbesar kedua di Amerika Serikat setelah Natal. Hampir setiap rumah didekorasi dengan hiasan khas Halloween sementara penjualan permen dan kue melonjak tinggi mengingat setiap rumah ingin memberi permen untuk anak-anak yang melakukan tradisi trick or treat.

Menjelang malam Perayaan Halloween, giliran para orang tua dan warga dewasa yang berpesta. Mereka berkumpul sambil mengenakan kostum di lingkungan rumah. Pesta kostum juga kerap diselenggarakan oleh hotel, restoran, kafe dan bar pada malam Halloween di AS.

Pengunjung dengan kostum terbaik atau terunik bisa mendapat hadiah dari pihak panitia Halloween. Nuansa Halloween juga terasa di tempat-tempat rekreasi di seluruh wilayah AS. Taman hiburan seperti Disneyland dan Universal Studios biasanya mendirikan wahana rumah hantu super seram. yang dibuka di malam hari selama beberapa minggu untuk merayakan Halloween. Tepat di malam perayaan Halloween, beberapa tempat wisata buka hingga tengah malam untuk mengadakan pesta kembang api.

9.Singapura

10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara
Di Urutan Ke 9 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat Negara Singapura merayakan festival “Zhong Yuan Lie / Yu Lan Jie” yang juga dikenal sebagai Hungry Ghost Festival sebagai pengganti Halloween. 

Sama seperti Halloween, festival ini diadakan untuk menyambut kedatangan para leluhur yang telah tiada. Kepercayaan kuno menyebutkan bahwa para leluhur akan kembali ke rumah keluarga mereka sekali dalam setahun. Untuk menyambut mereka, buah-buahan dan hidangan disiapkan di altar sementara lilin dan dupa dinyalakan.

Pertunjukan musik dan kesenian tradisional Cina berlangsung di berbagai wilayah Singapura sepanjang perayaan Hungry Ghost Festival. Kini, seiring dengan masuknya budaya barat di Singapura, Halloween juga mulai dirayakan di negara tersebut. Tercatat ada puluhan perayaan Halloween di berbagai wilayah Singapura. Beberapa event Halloween populer di Singapura adalah Sentosa Spooktacular, Museum of Horrors, dan wahana rumah hantu di Universal Studios Singapore.

8.Inggris

 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara
Di Urutan Ke 8 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat Negara Di Inggris, tradisi Halloween mungkin sudah tidak semeriah dulu. Namun, berbagai tradisi seperti trick or treat, lomba mengambil apel serta makan tar apel masih dilakukan. Dalam permainan mengambil apel, peserta harus meraih apel-apel yang diletakkan di atas tong berisi air dengan hanya menggunakan mulut. Sementara itu, tar apel yang mereka makan biasanya telah diisi dengan kacang, koin, cincin atau benda-benda kecil lainnya. Siapapun yang mendapatkan koin tersebut dipercaya akan mendapat keberuntungan.

nggris juga ada walau masih diperdebatkan apakah tradisi ini berdiri sendiri atau terpengaruh juga oleh Celtic. Kaum Kristen terdahulu juga merayakan tradisi ini pada tanggal yang sama dengan sebut All Saints Day. Tradisi ini dirayakan untuk mendoakan orang-orang yang baru meninggal dan akan segera mencapai surga.

Namun nuansa yang ada tidak bertema horor karena lebih pada penyebaran kasih dan saling mendoakan. Tradisi All Saints Day ini dirayakan dengan membuat kue dan manis-manisan untuk jiwa yang dikristenkan. Berbeda dari tradisi Celtic, yang berkeliling dari pintu ke pintu adalah para tunawisma yang mengharapkan makanan terlebih musim dingin sudah sangat dekat. Mereka mendapatkan makanan dan mendoakan para arwah untuk segera masuk Surga.

7.Kanada

10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara
Di Urutan Ke 7 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat Negara Kanada Mengapa hanya di Amerika Serikat tradisi Halloween dirayakan secara besar-besaran? Ternyata tradisi merayakan besar-besaran itu datang dari imigran Skotlandia dan Irlandia pada abad ke-19. Sejumlah tradisi dan perayaan lain yang kurang dikenal di Indonesia seperti Groundhog Day menjadi bagian penting di kalender nasional di negeri Irlandia.

Hanya saja sudah banyak perubahan yang terjadi sehingga Halloween bukanlah lagi menjadi tradisi keyakinan atau ritual keagamaan yang merupakan keharusan bagi yang meyakini. Perayaan ini sekarang lebih ke arah senang-senang dan simbolis saja, ya sepertinya untuk tradisi hedonis saja.

Sama seperti AS, Halloween juga dirayakan dengan amat meriah di Kanada. Perayaan Halloween di negara-negara Amerika Utara seperti AS dan Kanada sebenarnya berawal dari kemunculan para imigran Eropa. Di Kanada, Halloween dirayakan dengan melakukan tradisi trick or treat, menghias rumah dengan Jack o’ Lantern, lampu temaram dan boneka hantu, serta mengadakan perkumpulan dan pesta kostum di lingkungan rumah.

6.Korea

10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara
Di Urutan Ke 6 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat Negara Korea merupakan salah satu negara yang juga merayakan moment ini, lho. Memang nggak seperti yang bisa kamu temui di Barat, tapi tetap menjadi acara yang menyenangkan kok. Ini dia beberapa kebiasaan Halloween masyarakat Korea!

Kamu dapat menemukan wahana ini di area Children's Grand Park dan Imjingak. Di lokasi ini, terdapat rumah hantu yang dipenuhi oleh mesin yang menyerupai hantu dan monster. Ada juga museum lilin yang menjadi Hall of Horror, yang menampilkan efek animasi luar biasa. Lotte World, salah satu departement store terbesar di Korea juga menyediakan fasilitas rumah hantu indoor maupun outdoor yang menarik. Kalau mau ketemu dengan hantu tradisional Koea, datang saja ke Seoul Land, salah satunya adalah menampilkan Dokkaebi.

Halloween merupakan salah satu moment yang dipercaya merupakan batas paling tipis antara orang yang masih hidup dengan jiwa yang telah mati. Inilah yang memicu tradisi meramal sangat erat pada perayaan tersebut. Di Korea sendiri kegiatan ini cukup populer. Kamu dapat menemukan para fortune teller dengan mudah di saat moment perayaan Halloween, yang menggunakan media tarot dan telapak tangan untuk mengetahui masa depan.

Jack-O-Lantern merupakan salah satu ikon khas Hallowen yang bisa kamu temui juga di Korea. Boneka yang dibuat dari labu ini sebenarnya cukup jarang ditemui, karena susahnya menemukan labu yang kamu inginkan. Namun, kamu tetap dapat menikmati pemandangan ini di beberapa sudut kota Seoul.

Perayaan Halloween kurang tepat rasanya jika kamu nggak menggunakan beragam kostum yang dapat memaksimalkan penampilan ini. Penjual kostum ini dapat kamu temui di Itaewon, Dongdaemun, dan Seokchon, dengan aneka pilihan kostum yang menarik.

5.Hongkong

10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara
Di Urutan Ke 5 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat Negara Hongkong memang tidak benar-benar memiliki akar tradisi yang kuat layaknya Halloween di Barat, namun seperti banyak negara Barat, Kota Dunia ini telah juga ikut dalam euforia perayaan yang menyeramkan. Dan meskipun Anda tidak akan menemukan banyak trik atau treater menari di sekitar gedung-gedung pencakar langit, Anda akan menemukan host acara Halloween di Hongkong. Adapun beberapa yang terbaik perayaan Halloween di Hongkong sebagai berikut :

Haunted Halloween di Hongkong Disneyland

Banyak orang  yang mengakui dan mengklaim bahwa perayaan Halloween terbaik di Hongkong yakni di Hongkong Disneyland. Disini Anda bisa mendapatkan pengalaman Halloween layaknya di Amerika Serikat, lengkap dengan Mickey, Donald, dan Goofy yan mengenakan kostum favoritnya. Mereka dipimpin oleh seorang penunggang kuda tanpa kepala yang cukup mengerikan. Anda dan keluarga harus menyempatkan waktu untuk berada di lokasi luar biasa ini.

Ocean Park Halloween Bash 2011
Taman terbesar di Hongkong juga merupakan tuan rumah untuk perayaan Halloween. Ocean Park merupakan tempat perayaan Halloween terbesar di Asia, dengan 400 karakter kostum, 20 atraksi hantu serta pertunjukkan jalanan dan hiburan lainnya. Yang paling menjadi daya tarik disini ialah Rumah Berhantu 3 dimensi. Biasanya diadakannya pada 1-4, 9-11, 16-18, 23, 25, 29-31 Oktober dan 1 November jam 17.30 – 23.00.

Berbeda Halnya di Tsim Sha Tsui. Memiliki latar belakang perkotaan lengkap dengan gedung pencakar langit, jalanan disini diatur sedemikian rupa hingga dipenuhi rumah yang penuh dengan perlengkapan horor, ada hantunya, berbagai atraksi permainan serta warung makanan. Disini anak-anak Hongkong maupun wisatawan yag datang bisa mencoba trik-trik mereka dan memperlihatkan keterampilannya masing-masing. Biasanya dilaksanakannya pada 30-31 Oktober dari jam 18.30 – 21.30

Pesta Halloween di Lan Kwai Fong
Lan Kwai Fong juga menjadi salah satu daerah yang menjadi sentra perayaan Halloween yang menakjubkan dan menyeramkan. Dengan kelebihan banyaknya terdapat tempat hiburan, bar, dan juga klub malam membuat perayaan Halloween terasa berbeda dan lebih menggigit dilaksanakan di Lan Kwai Fong. Disini Anda menemukan banyak orang yang memakai kostum khas Halloween yang menakutkan. Dilakukannya pada 31 – 31 Oktober dari jam 19.00 – 22.00.

4.Irlandia

10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara
Di Urutan Ke 4 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat NegaraIrlandia, perayaan ini merupakan tanda bahwa musim panas telah berakhir, dan akan datang musim dingin. Musim panas yang ditandai dengan panen, sedang musim dingin adalah masa berhenti menanam.
Maka di malam 31 Oktober yang menjadi akhir musim panas itu mereka mengumpulkan makanan dan berpesta Samhain dengan memakai kostum dan topeng.

Ada pula yang menyebutkan bahwa halloween dipengaruhi oleh hari suci kaum kristiani yakni ‘All Saint Day’. Perayaan ini berlangsung tanggal 1 November. Dalam perayaan ini mereka melakukan penghormatan terhadap petinggi agama mereka yang sering disebut ‘saint’. Di hari itu mereka juga berdoa bagi leluhur mereka yang telah meninggal.

Sebenarnya hari All Saint Day dirayakan setiap 13 Mei, namun mulai tahun 835, dipindah ke tanggal 1 November oleh Paus Gregorius IV. Jadi siang hari 31 Oktober dirayakan sebagai hari ‘All Saint’ atau ‘All Hallows’, sedang malamnya dirayakanlah ”Hallows-Eve” (Malam Suci/Keramat) yang kemudian menjadi halloween.

Tujuannya adalah mengadopsi beberapa warisan dari budaya pagan, dan mengubahnya ke tradisi kristiani. Kaum pagan meyakini bahwa di malam tersebut, tanggal 31 oktober, orang-orang mati hadir di kehidupan dunia untuk meminta sesuatu seperti makanan.


Pada malam Halloween, anak-anak dan terkadang orang dewasa memakai kostum yang menyerupai makhluk-makhluk dari dunia lain seperti setan, zombie, penyihir, dan goblin. Mereka kemudian melakukan karnaval keliling kota, mengunjungi rumah-rumah untuk tradisi trick or treat, serta berkumpul dan menyalakan api unggun.

Rumah-rumah dihiasi dengan labu atau lobak yang telah dipahat membentuk muka seram. Untuk menambah efek seram, lilin dipasang di dalam labu atau lobak guna menonjolkan seringai pada benda tersebut.

3.Jepang

10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara
Di Urutan Ke 3 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat Negara Jepang.Beberapa wilayah di muka bumi lainnya juga punya perayaan yang berhubungan dengan alam orang mati, misalnya saja Jepang. Di negara matahari terbit ini, masyarakat selalu memperingati sebuah upacara peringatan arwah, yang dinamai "Obon" (お盆).

Obon merupakan bentuk singkat dari istilah agama Buddha Ullambana Sutra, dan lidah orang Jepang menyebutnya Urabon (盂蘭盆, Urabon /urabana yang artinya ‘digantung terbalik', pederitaan yang sangat mendalam).

Tapi kemudian yang diambil hanya aksara Kanji terakhirnya saja (盆, bon, nampan) ditambah awalan honorifik huruf "O."

Dalam mitologi kuno, festival Obon berawal dari kisah Buddha dan muridnya. Alkisah salah seorang dari 10 murid utama Budha, orang suci Mokuren, dengan kemampuan ajaibnya mencoba melihat keadaan kedua orangtuanya. Didapatinya, ibunya yang telah terlahir kembali ke dunia hantu dalam kondisi lapar, tidak bisa makan-minum, bentuknya pun tinggal tulang dan kulit saja.

Awalnya, Obon dirayakan tanggal 15 Juli menurut kalender Tempō (kalender lunisolar). Namun terjadi perubahan secara perlahan-lahan ketika Jepang mulai menggunakan kalender Gregorian sejak tanggal 1 Januari 1873.

Di wilayah (prefektur) yang satu dengan lain jadi tidak serempak. Ada yang mengikuti perhitungan Tempo dan ada yang mendasarinya pada kalender Gregorian.

Bon Odori merupakan puncak dari semua festival musim panas (matsuri) yang diadakan di Jepang. Belakangan ini, Bon Odori tidak hanya diselenggarakan di lingkungan kuil saja, Bon Odori sering dilangsungkan di tanah lapang, di depan stasiun kereta api atau di ruang-ruang terbuka tempat orang banyak berkumpul.

Di tengah-tengah ruang terbuka, penyelenggara mendirikan panggung yang disebut Yagura untuk penyanyi dan pemain musik yang mengiringi Bon Odori.

Penyelenggara juga sering mengundang pasar kaget untuk menciptakan keramaian agar penduduk yang tinggal di sekitarnya mau datang. Bon Odori juga sering digunakan sebagai sarana reuni dengan orang-orang sekampung halaman yang pergi merantau dan pulang ke kampung untuk merayakan Obon.

2.Filipina

Di Urutan Ke 2 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat Negara Filipina.Dulunya, anak-anak di Filipina merayakan Halloween dengan pergi ke rumah-rumah sambil menyanyikan lagu-lagu pujian. Sebagai imbalan, pemilik rumah akan memberikan mereka permen, kue-kue, atau uang. Tradisi tersebut dikenal sebagai pangangaluluwa. Namun, pengaruh barat perlahan menghapus tradisi tersebut. Kini, tradisi trick or treat telah menggantikan pangangaluluwa pada perayaan Halloween di Filipina.

1.Belgia

Di Urutan Ke 1 Dari 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Terdapat NegaraBelgia percaya dengan takhayul mengenai kucing hitam sebagai pembawa sial. Oleh sebab itu, mereka beranggapan siapapun yang melihat kucing hitam melintas di depannya pada saat Halloween akan tertimpa kemalangan. Di luar mitos mengenai kucing hitam, warga Belgia merayakan Halloween dengan menyalakan lilin untuk menyambut dan menuntun arwah keluarga dan leluhur ke rumah mereka.

Bagaimana Sahabat NusaPedia Artikel mengenai 10 Perayaan Halloween Di Berbagai Negara Versi NusaPedia,Nantikan Artikel Menarik NusaPedia Setiap Harinya Hanya Di NusaPedia Magazine

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg