BREAKING NEWS

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone : Melihat Dari Dekat Pelestarian Burung Maleo


Taman Nasional Bogani Nani Wartabone - Sulawesi Utara - Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Menjadi Destinasi Pembahasan NusaPedia Magazine Kali Ini.Taman Nasional Bogani Nani Wartabone merupakan pusat rehabilitasi dan pelastarian burung endemik sulawesi utara,dimana burung ini menjadi ikon wisata provinsi Sulawesi Utara.
Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

merupakan salah satu kawasan konservasi seluas 297,11 ha yang sebagian wilayahnya terletak di Provinsi Sulawesi Utara dan sebagian lagi terletak di Provinsi Gorontalo. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone saat ini dikelolah oleh balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang terletak di Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara. Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 4 jam dari Kota Manado.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang sebelumnya bernama Dumoga Bone, memiliki berbagai keunikan ekologi sebagai kawasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat dan Papua-Australia di sebelah Timur (Wallaceae Area).

Dengan adanya ketinggian yang bervariasi antara 50 - 2.000 m dpl, kawasan ini memiliki beberapa tipe hutan. Lebih dari 90% kawasan taman nasional tertutup oleh hutan primer. Sesuai dengan hasil ekspedisi Linnaeus I (1991), di dalam kawasan taman nasional terdapat 216 jenis dari suku tumbuhan tinggi, 120 jenis paku-pakuan dan 22 jenis suku lumut. Selain itu dijumpai adanya 24 jenis anggrek (ekspedisi Putri Anggrek I Kabila, 1992). Hal tersebut merupakan tambahan dari jenis yang telah diketahui beberapa tahun lalu yaitu lebih kurang 250 jenis tumbuhan.

Sejarah Pembentukan Kawasan

Taman Nasional Bogani Nani wartabone
Pada tahun 1991, Menteri Kehutanan dengan keputusan nomor 731/Kpts-II/91 tanggal 15 Oktober 1991 merubah fungsi Suaka Margasatwa Dumoga menjadi Taman Nasional Dumoga Bone (TNDB) yang sekarang namanya berubah menjadi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) seluas 287.115 Ha. Dalam upaya menanggulangi dan mencegah agar perambahan kawasan tidak sampai meluas,

maka pada tahun 1982/1983 instansi TNDB bersama Pemerintah Daerah Tk II Bolaang Mongodow, Kodim 1303 Kotamobagu, Polres Bolaang Mongondow, dan Kejaksaan Negeri Kotamobagu, menggelar operasi Wibawa I, dan berhasil mengeluarkan para perambah kawasan, operasi tersebut dilanjutkan dengan Operasi Wibawa II pada tahun 1893/1984.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Taman Nasional Bogani Nani wartabone
Kawasan  Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki potensi flora yang beraneka raga yang didominasi oleh kelompok (genus) ficus. Beberapa jenis flora yang dapat anda temui di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi antara lain: nantu (Palaqium obtusifolium), kayu hitam (Diospyros spp), kayu besi (Metrosiderus vera), kayu inggris (Eucalyptus deglupta), cempaka (Elmerrillia ovalis) dan metayangan (Pholydacarpus ihur). Selain ini di TNBW anda masih dapat menemukan berbagai flora lain seperti paku-pakuan, palem, rotan, hanjuang hijau dan bunga bangkai.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone selain memiliki beraneka ragam potensi flora juga memiliki berbagai potensi fauna yang terdiri dari 24 jenis mamalia, 125 jenis aves, 11 jenis reptilia, 2 jenis amfibia, 38 jenis kupu-kupu, 200 jenis kumbang, dan 19 jenis ikan.

Sebagian besar satwa yang ada di taman nasional merupakan satwa khas/endemik pulau Sulawesi seperti monyet hitam/yaki (Macaca nigra nigra), monyet dumoga bone (M. nigrescens), tangkasi (Tarsius spectrum spectrum), musang Sulawesi (Macrogalidia musschenbroekii musschenbroekii), anoa besar (Bubalus depressicornis), anoa kecil (B. quarlesi), babirusa (Babyrousa babirussa celebensis), dan berbagai jenis burung. Satwa burung yang menjadi maskot taman nasional adalah maleo (Macrocephalon maleo), dan kelelewar bone (Bonea bidens) merupakan satwa endemik taman nasional.

Taman Nasional Bogani Nani wartabone
Tidak Hanya Itu,Tumbuhan yang khas dan langka di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yaitu palem matayangan (Pholidocarpus ihur), kayu hitam (Diospyros celebica), kayu besi (Intsia spp.), kayu kuning (Arcangelisia flava) dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus). Sedangkan tumbuhan yang umum dijumpai seperti Piper aduncum, Trema orientalis, Macaranga sp., cempaka, agathis, kenanga, berbagai macam jenis anggrek, dan tanaman hias. 

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki 24 jenis mamalia, 125 jenis aves, 11 jenis reptilia, 2 jenis amfibia, 38 jenis kupu-kupu, 200 jenis kumbang, dan 19 jenis ikan. Sebagian besar satwa yang ada di taman nasional merupakan satwa khas/endemik pulau Sulawesi seperti monyet hitam/yaki (Macaca nigra nigra), monyet dumoga bone (M. nigrescens), tangkasi (Tarsius spectrum spectrum), musang Sulawesi (Macrogalidia musschenbroekii musschenbroekii), anoa besar (Bubalus depressicornis), anoa kecil (B. quarlesi), babirusa (Babyrousa babirussa celebensis), dan berbagai jenis burung.

Taman Nasional Bogani Nani wartabone
Satwa burung yang menjadi maskot taman nasional adalah maleo (Macrocephalon maleo), dan kelelewar bone (Bonea bidens) merupakan satwa endemik taman nasional.

Ukuran badan burung maleo hampir sama dengan ayam, namun telurnya 6 kali berat telur ayam. Maleo meletakan telurnya di dalam tanah/pasir sedalam 30-40 cm, dan biasanya terletak berdekatan dengan sumber air panas. Dengan panas bumi inilah telur maleo menetas. Keluarnya anak maleo dari dalam tanah, larinya anak maleo ke alam bebas (umur sehari), mengintip induknya yang sedang menggali lubang; merupakan salah satu atraksi satwa yang menarik bagi para wisatawan.

Wisata Lainnya

1. Air Terjun Mengkang
Taman Nasional Bogani Nani wartabone
Air Terjun Mengkang terletak di desa Mengkang Kecamatan Laloyan. Untuk mencapai Air Terjun Mengkang dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan roda empat dari Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Sedangkan lokasi air terjun dapat dicapai dengan berjalan kaki dari desa Mengkang selama kurang lebih 3 jam.

2. Habitat Maleo Tambun
Habitat burung Maleodiwilayah desa Tambun kecamatan Dumoga Timur. Aktifitas yang dapat anda lakukan ditempat ini antara lain mengamati perilaku burung maleo pada saat akan bertelur, mencari telur burung maleo dan berbagai aktifitas lainnya. Disamping itu pengunjung dapat melepas lelah di sumber air panas yang ada didekat lokasi peneluran burung maleo tersebut.

3. Air Terjun Tumpah
Air terjun tumpah berada kurang lebih 2,5 km kearah barat dari kompleks Bina Cinta Alam Toraut yang terletak di wilayah desa Toraut kecamatan Dumoga Barat. Air terjun tumpah dapat anda tempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dari kantor balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone selama 2 jam perjalanan dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 1,5 jam

4. Gua Batu Berkamar
Taman Nasional Bogani Nani wartabone
Gua batu berkamar terletak kurang lebih 7 km arah barat daya dari kompleks Bina Cinta Alam Toraut di wilayah desa Toraut kecamatan Dumoga Barat. Sedangkan untuk mencapai tempat ini anda dapat menggunakan kendaraan roda empat dari kantor balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone selama kurang lebih 2 jam dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam. Disini anda pat mengamati kehidupan tarsius dan burung hantu.

5. Air Terjun Lombonga 
Air terjun lombonga terletak didesa Lombonga Kecamatan Suwawa. Air terjun Lombonga terdiri dari dua air terjun yaitu Lombonga I dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dan Lombonga II dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Untuk mencapai desa Lombonga diharuskan menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam dari kantor balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Sedangkan dari pusat kota Gorontalo, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Lokasi air terjun sendiri dapat dicapai dengan berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam dari pintu masuk desa Lombonga.

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Manado - Kotamobagu (185 km) waktu 4 jam. Dari Kotamobagu ke Toraout (69 km) waktu 1 jam atau dari Kotamobagu ke Maelang (100 km) waktu 3 jam.

Menggunakan kendaraan roda empat ditempuh Manado – Kotamobagu (185 km) sekitar empat jam. Dari Kotamobagu ke Toraut (69 km) sekitar satu jam atau dari Kotamobagu ke Maelang (100 km) sekitar tiga jam.

Bagaimana Dengan Akomodasinya..??

Taman Nasional Bogani Nani wartabone
Terdapat Wisma yang berada di desa Toraut kecamatan Dumoga Barat dan dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dari kantor balai Taman Nasional Bogani Nani wartabone selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Selain berfungsi sebagai pusat informasi, Wisma Bina Cinta Alammenyediakan fasilitas berupa penginapan, ruang rapat dan lokasi perkemahan. Jasa pemandu dan porter juga dapat dimanfaatkan bagi anda yang berkunjung ketempat ini setiap waktu bila anda membutuhkan.

Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata di Sulawesi Utara sekaligus menikmati keindahan alam di Sulawesi Utara sambil melihat berbagai satwa langka seperti Tarsius dan burung Maleo, maka Taman Nasional Bogani Nani Wartabone merupakan tempat yang tepat untuk anda kunjungi.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Untuk Sahabat TravelEsia Yang Ingin Berkunjung ke Taman Nasional Bogani Nani Wartabone adalah bulan April s/d September setiap tahunnya.

Know Before You Go...!!!!

  • Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki keanekaragaman fauna yang berasal dari wilayah Oriental dan Australasian dengan tingkat keendemikan yang tinggi. Burung-burung yang beranekaragam sekitar 125 jenis antara lain merpati, paruh bengkok, rajaudang, kupu-kupu, rangkong, pemakan lebah, dan sejenis burung yang istimewa yaitu Maleo (Megacephalon maleo). Selain itu satwa yang ada antara lain anoa besar, babi rusa, tarsius, kuskus dan berbagai jenis reptilia.
  • Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dikenal sebagai "Wallacea Area"  
  • Belum ada pengusahaan pariwisata alam. 
  • Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang ditetapkan sesuai Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 1068/Kpts-II/92 tanggal 18 Nopember 1992 seluas 287.115 hektar, sebelumnya dikenal dengan nama Taman Nasional Bumoga Bone. Perubahan nama ini merupakan salah satu upaya untuk menghormati pahlawan di Sulawesi Utara. Dengan penggunaan nama pahlawan ini diharapkan secara psikologis dapat menggugah masyarakat setempat untuk turut berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestariannya. 
  • Taman Nasional Bogani Nani Wartabone terletak di antara Lembah Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow sampai Lembah Bone Kabupaten Gorontalo, Sulawesi Utara. 
Jadi bagaimana Sahabat NusaPedia Apakah Anda tertarik Untuk Menyelami Keanekaragaman Biota Laut Nusantara,Jika Anda Berkunjung ke provinsi Sulawesi Utara jadikanlah, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone,Taman Nasional Bunaken , Sebagai Destinasi Wisata Anda.mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi destinasi Wisata Dunia.

    Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg