BREAKING NEWS

Pantai Sumur Tiga : Menyambangi Surga Tersembunyi Pulau Sabang


Pantai Sumur Tiga - Pulau Sabang - Membicarakan Mengenai Keindahan Pulau Sabang Memang Tiada habisnya,pemandangan pantai yang masih alami dan menakjubkan dengan pantai pasir putih dan ombak laut yang cukup besar.Diperjalanan, anda tidak akan merasa lelah karena sepanjang jalan dimanjakan dengan pemandangan yang indah mulai dari lereng pegunungan dengan hutan lebat dan alami, bukit dan perkebunan

Pantai Sumur Tiga

ini diberi nama Sumur Tiga karena memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya. Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai Iboih atau pun Pantai Gapang. 

Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau bak kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak. Panorama pantainya membentangkan laut biru dipadu angin sepoi yang menggerakkan nyiur di pinggir pantai. 

Apa yang tersaji di sini adalah perpaduan keindahan dan kedamian yang sesungguhnya menghadap langsung ke samudera luas. Akan Anda dapati wisatawan di sini menikmati liburan mereka dengan santainya. Tiduran di pasir putihnya, bercengrama dengan orang yang mereka sayangi, berenang di laut jernih, atau berbincang dengan warga setempat, akan menjadi kegiatan pengisi waktu di pantai ini.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Pantai Sumur Tiga Merupakan Pantai jernih dengan air laut berwarna biru kehijauan adalah pemandangan yang sangat menenangkan jiwa. Pohon kelapa yang dihembuskan oleh angin laut pastinya akan membuai Anda saat rebahan di pasir pantai atau duduk di rerumputan dan bawah pohon kelapa. Jangan lupakan juga di sini berdiam begitu banyak benteng sisa Pendudukan Jepang untuk dijelajahi meski sayang kurang terawat

Pantai Sumur Tiga menghadap ke arah timur. Oleh karena itu, di sini Anda bisa melihat sunrise yang cantik. Selain itu, didukung dengan putihnya pasir pantai serta laut yang berwarna biru kehijauan, keindahan alam Pantai Sumur Tiga semakin sempurna.

Pantai Sumur Tiga adalah pantai berpasir putih dan bertekstur lembut dengan garis pantai yang sangat panjang. Mungkin ini pantai dengan garis pantai yang paling panjang yang ada di Kota Sabang. Saat pasang, ombak di pantai ini pun cukup besar dan akan tenang ketika surut di sore hari.

Tidak hanya cantik panoramanya, pantai ini juga jadi tempat paling asyik untuk menikmati matahari terbit di ujung barat Indonesia.Hembusan angin beraroma laut menggoyang nyiur yang berjejer di kaki bukit yang mengikuti pantai. Pada onggokan bukit beberapa bungalow terpacak-pacak di sela pohon-pohon kelapa tumbuh tak beraturan.

Menghabiskan liburan ke pantai ini sungguh menyenangkan. Sumur Tiga adalah salah satu pantai yang menjadi tujuan wisata turis mancanegara di Sabang. Keindahannya yang membuat banyak wisatawan jatuh cinta dengan pantai ini. 

Kita bisa menikmati pemandangan dan sayup tiupan angin laut dengan bersantai di bawah payung sambil mencicipi menu-menu yang tersedia. Atau duduk santai di beranda bungalow. Alunan daun nyiur, deburan ombak, kicauan burung bersahutan cukup membuat Anda merasa damai dalam ketenangan.

Pantai yang indah rasanya belum lengkap kalau tak ikut menceburkan tubuh ke air, menikmati deburan ombak. Sumur Tiga juga sangat cocok untuk lokasi pemandian.

Ombaknya tak begitu ganas dan menariknya di lokasi ini juga terdapat terumbu karang, dengan kehadiran ikan yang berwarna-warni. 

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Untuk menuju Pulau Weh maka Anda bisa menggunakan kapal cepat (feri) atau kapal lambat dari Pelabuhan Ulee Lheue di Kota Aceh ke Pelabuhan Balohan di Sabang. Terletak di pantai timur Pulau Weh, Pantai Sumur Tiga hanya 5 menit berkendara dari Kota Sabang. 

Anda dapat mencapainya dengan mudah menggunakan mobil sewaan yang di sini disebut taxi. Harganya berkisar antara Rp70.000,- hingga Rp150.000,-.Dari Kota Sabang menuju Pantai Sumur Tiga, jalanannya mulus dengan pemandangan di kiri kanannya berupa pepohonan besar dari hutan tropis.

Pantai Sumur Tiga bisa dijangkau hanya sekira 10 menit dari Kota Sabang. Angkutan umum ke mari adalah angkot, yang bisa di pesan kapan saja. Perjalanan ke Sabang sendiri bisa ditempuh dari pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh. Dari sana, kapal fery KMP BRR dan dua kapal cepat siap membawa Anda ke pulau Sabang.  

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Pantai ini dekat dengan kota tetapi suasananya terasa tenang dan santai. Banyak Resort yang mungkin akan sempurna untuk bermalam di Pantai Sumur Tiga,Lokasinya hanya 15 menit dari Kota Sabang. Kisaran harganya yaitu Rp185,000,- hingga Rp280,000,-.

Disana Juga Terdapat Restoran,restoran ini menjadi satu bagian dengan penginapan. Namun letak restoran ini berada di bawah penginapan. Pemandangan yang tersaji jika anda duduk di restoran ini sambil menikmati segelas minuman dingin atau makan Mie Kuah Seafood. Kami yakin suasana ini akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Waktu Kunjungan Terbaik Ke Pulau Sabang Adalah Bulan April Hingga Agustus,Kondisi Air Yang Jernih Serta Kondisi Cuaca Dan Ombak yang Bersahabat sangat mempengaruhi Transportasi Atau Peyebrangan Dari Dan Akan Menuju Pulau Sabang.Pada Bulan April Hingga Agustus kondisi air laut dalam kondisi yang sangat baik untuk anda gunakan snorklink dan menyelam disana

Lokasi Wisata Apa Saja Yang Dapat Saya Kunjungi Disana ?

Untuk berkeliling Pulau Weh atau Sabang maka Anda bisa menyewa mobil atau motor agar petualangan menjadi lebih mudah. Berkeliling dengan sepeda atau motor akan menjadi sensasi yang menarik dan berkesan.

Sabang adalah sebuah kotamadya dari Pulau Weh yang dapat dijelajah dalam 1-2 hari. Apabila Anda berkeinginan mengunjungi beberapa tempat menarik yang masih bernuansa pantai maka kunjungi juga pantai-pantai berikut ini.
Pantai Gapang : Jalan Sabang – Iboih KM 21
Pantai Kasih : Jl.Hasanudin,
Pantai Teupin Layeu : Desa Iboih Km 23
Pantai Ujung Kareung : Desa Ie Meulee, Pulau Weh

Know Before You Go

  • Untuk menyewa kendaraan berupa sepeda motor, sepeda, atau mobil maka Anda bisa dapati di penginapan atau dari Pelabuhan Balohan.
  • Mengingat di Pulau Weh SPBU tidaklah banyak maka pastikan Anda rutin mengecek ketersedian bensin atau warga setempat menamakannya minyak. Di pinggir jalan biasanya tersedia penjual bahan bakar apabila sewaktu-waktu darurat Anda membutuhkannya.
  • Sabang seperti juga daerah lain di Provinsi Aceh menerapkan Hukum Syariah Islam meski di sini terbilang lebih longgar karena banyak wisatawan mancanegara.  
  • Makanan di Sabang pastinya jenis yang halal termasuk minuman yang tidak beralkohol. Di beberapa tempat tertentu minuman beralkohol dapat ditemukan dan khusus untuk wisatawan mancanegara.
  • Berpartisipasilah dalam menjaga kelestarian dan kebersihan sekitar Pantai Sumur Tiga
  • Mengunjungi Pantai Sumur Tiga Dan Lokasi Lokasi lain Di Pulau Sabang bersama banyak teman dapat menghemat biaya, misalnya biaya sewa speedboat.  Semakin banyak teman (maksimal 15; karena kapasitas speedboat 15 orang), makin sedikit biaya sharing yang Anda keluarkan untuk sewa speedboat.
Bagaimana Sahabat TravelEsia,Apakah Anda Tertarik untuk mengunjungi Pantai Sumur Tiga ini.Jika Anda Berkunjung Ke Banda Aceh,Belum Lengkap Rasanya Bila Anda Tidak Berkunjung ke PPantai Sumur Tiga ini.Mari Kita Dukung Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Dunia

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg