BREAKING NEWS

Selat Lembeh : Explore Keindahan Bawah Laut Sulawesi Utara


Selat Lembeh - Sulawesi Utara - Selat Lembeh adalah perairan sempit (selat) yang memisahkan daratan utama Pulau Sulawesi dengan Pulau Lembeh. Kota Bitung terletak di salah satu sisi selat ini. Selat ini dikenal memiliki kekayaan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi dan menjadi salah satu objek wisata selam utama di Sulawesi Utara.

Selat Lembeh

adalah sebuah pulau yang masuk ke wilayah administrasi Kota Bitung di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Lembeh saat ini secara administratif terbagi dua kecamatan yaitu Kecamatan Lembeh Utara dan Lembeh Selatan.

Di Selat Lembeh ini juga terdapat pulau-pulau kecil yang eksotis tak berpenghuni dengan struktur kapur rapuh yang seolah terangkat ke atas permukaan laut, dengan pemandangan bawah air yang sangat mempesona.Selat lembeh atau biasa disebut lembeh strait merupakan tempat wisata favorit bagi para penggemar wisata bawah laut. Berbagai flora dan fauna seperti terumbu karang beraneka warna dan fauna laut yang mempesona pasti mengundang decak kagum bagi setiap orang yang melihatnya
Mengapa Saya Harus Kesana ? 

Selat Lembeh berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Selat Lembeh(Sumber : Indriyani A. Rachman 13:42, 27 April 2010 (UTC).)

Flora dan fauna di selat lembeh memang sangat mempesona. Berbagai ikan-ikan yang mempesona, terumbu karang beraneka warna dan juga hewan-hewan laut lainnya seperti gurita, banggai cardinalfish, cumi-cumi, kerang berwarna-warni, mandarin fish, lion fish dengan warna yang cerah, dan juga berbagai flora dan fauna lainnya yang pasti akan membuat anda betah berlama-lama berada di bawah laut.
Ada sekitar 98 titik penyelaman yang terdapat di Selat Lembeh dengan keindahan biota laut yang sangat beragam, bahkan beberapa diantaranya merupakan biota endemik Sulawesi (Sumber : Max J. Lomban ,Wakil Wali Kota Bitung)

Selain Selat Lembeh, Bitung juga memiliki Cagar Alam Tangkoko Batuangus yang menjadi destinasi wisata alam utama di Sulawesi Utara dengan keragaman satwa liar endemik yang memukau. "Lima puluh persen luas Kota Bitung merupakan bagian dari Cagar Alam tersebut. Salah satu hewan endemik yang ada di Tangkoko, yaitu Tarsius bahkan menjadi maskot kota Bitung

Bagaimana Menuju Kesana ?
Cara Mencapainya: Berbagai penerbangan setiap hari menuju Denpasar dari kota-kota besar di Indonesia. Tulamben ditempuh sekitar dua setengah jam naik mobil, sedangkan Banyuwedang sekitar empat jam. Untuk menuju selat Lembeh, terlebih dahulu harus menempuh jalan darat sepanjang ± 45 kilometer dari kota Manado ke kota Bitung. Dalam menempuh perjalanan dari Manado ke Bitung, sarana angkutan umum yang digunakan antara lain adalah bus double ankle berukuran 3/4 ataupun taxi dari Manado ke Bitung.

Sesampai di Bitung, perjalanan dilanjutkan dengan penyeberangan laut dengan menggunakan kapal motor ± 15 menit dari pelabuhan laut Bitung. Penyeberangan ini relatif sangat aman karena laut terhalang oleh pulau Lembeh sehingga permukaan air relatif cukup tenang.

Bagaimana Dengan Akomodasinya ? 
Soal fasilitas penginapan dan lainnya, Anda tidak perlu khawatir. Tempat wisata ini memiliki banyak fasilitas penginapan yang mendukung tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri

Jadi bagaimana Sahabat TravelEsia Apakah Anda Tertarik Untuk Mengunjungi Destinasi Ini.Jika Anda Memiliki Waktu Luang,Sempatkanlah Untuk Mengunjungi Selat Lembeh ini

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg