BREAKING NEWS

Pintu Kota : Gerbang Menuju Keindahan Pantai Nan Eksotis


Pantai Pintu Kota - Sahabat TravelEsia Mungkin anda akan berpikir Bahwa Pintu Kota Adalah sebuah pintu masuk ke kawasan wisata kota yang mengantar anda menuju hiruk pikuk dan keramaian ciri khas dari sebuah kota metropolis tentunya.Sempat terpikir bagi anda mengenai kesibukan dan hiruk pikuk masyarakat yang saling halu lalang dengan kesibukan dan rutinitas mereka sendiri.

Pantai Pintu Kota

Tapi sahabat TravelEsia Pintu Kota yang dimaksud disini adalah sebuah lokasi wisata alam yang bentuknya unik berupa batuan karang besar yang terletak di pesisir pantai dengan bagian tengahnya yang berlubang menerobos tebing karang sampai tembus di kedua sisinya seperti pintu dan berhadapan langsung dengan Laut Banda yang begitu luas

Obyek wisata yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong dan pesiar yang ingin menikmati keindahan alam dan lautnya.

Lokasi obyek wisata Pintu Kota terletak di Desa Air Louw dan berbatasan langsung dengan Desa seri, Kecamatan Nusaniwe, Ambon.

Pasti Anda akan takjub menikmati sepoinya angin berhembus yang segar dari tebing yang akan menyapu wajah anda sebelum menuruni anak tangga yang disusun begitu menarik mengatar anda menuju area pantai yang berwarna biru nan jernih di pantai ini.

Jarak tebing ke pantai sekitar 10 menit berjalan kaki, sambil menikmati bentangan karang dan mangrove serta pohon kelapa yang menghiasi tepi-tepi pantai pasti akan membuat anda terkagum-kagum memandangnya.

Bila anda ingin bersantai sejenak, di lokasi pantai terdapat pondokan-pondokan untuk tempat berteduh dan beristirahat dengan rimbunnya pepohonan yang cukup besar.

Mengapa Saya Harus Kesana ?

Pantai Pintu Kota berbentuk teluk merupakan jenis pantai berkarang dan berbatu. Bagian bibir pantai yang berpasir hanya sedikit saja. Di lokasi pantai terdapat pondokan-pondokan untuk tempat berteduh dan beristirahat dengan rimbunnya pepohonan yang cukup besar.

Potensi pantai Pintu Kota disamping untuk tempat wisata pantai juga dapat digunakan untuk acara pemotretan Prewedding, Wedding, modeling, fashion dan juga produk Iklan atau film. Tempat parkir kendaraan yang cukup luas juga membuat para pengunjung merasa nyaman.

Untuk lebih memanjakan mata anda.menikmati pantai pintu kota dapat dilakukan dengan menaiki lubang persegi empat melalui tangga beton yang di bangun begitu apik. Dan ketika anda menulusuri anak tangganya maka anda akan disuguhkan keindahan yang tiada tara di punggung bukit lubang persegi empat itu. 

Sungguh eloknya laut, tenangnya, damainya dan tingkah pola burung laut serta sapaan khas nelayan ambon yang sibuk dengan perahu, perahu mesin dan kapal yang menambah ke eksotisan pantai tersebut

Terlebih lagi jika anda bisa bertahan hingga malam hari. Maka Pantai Pintu kota akan mengatar anda dengan suasana yang berbeda yaitu kerlingan nakal lampu-lampu kota dan halu lalalng kapal-kapal nelayan yang sibuk untuk beranjak pergi mencari ikan sebelum matahari terbit kembali .

Bagaimana Cara Saya Kesana ?

Pantai Pintu kota Terletak di Desa Latuhalat, Ambon. Sekitar 30 menit dari pusat kota Ambon. Jika ingin ke Pantai Pintu Kota akan lebih menyenangkan menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga kepuasan menikmati semua yang anda di Pintu Kota akan anda dapatkan semuanya.

Ada 2 moda transportasi darat yang bisa anda gunakan untuk mencapai lokasi. Pertama menggunakan angkutan umum dengan jurusan Air Louw dengan biaya sebesar Rp 3000,- sekali perjalanan. Kedua, menggunkan kendaraan pribadi atau rental mobil di tempat penyewaan mobil terdekat. 
Pengunjung dapat langsung menuju ke lokasi ini karena fasilitas jalan yang cukup memadai.
Biaya masuk pengunjung : Rp 1.000,-
Biaya masuk kendaraan  : Rp 3.000,- ( roda dua ) dan Rp 5.000,- (roda empat).

Perjalanan untuk mencapai lokasi dari kota Ambon yang berjarak lebih kurang 15-16 km dapat ditempuh dengan waktu lebih kurang 1 jam perjalanan dengan kendaraan sedan jenis SUV/ MPV. Disamping itu juga dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan sepeda motor dan kendaraan angkutan umum.
 
Namun Sahabat TravelEsia Kami Menyarankan Anda Untuk menggunakan becak bermotor ke lokasi tersebut,maka anda dapat menikmati keindahan Sepanjang perjalanan menuju lokasi yang disuguhkan pemandangan alam yang masih asri dan natural yang tak kalah menariknya.

Bagaimana Dengan Akomodasinya ?

Sahabat TravelEsia Tidak Perlu Khawatir karena letaknya yang hanya berjarak lebih kurang 15-16 km dari kota Ambon,sudah barang tentu fasilitas dan penginapan sudahlah lengkap mulai dari sebuah kamar apa adanya hingga fasilitas super mewah dapat anda nikmati disini semua itu tergantung keinginan dan kebutuhan anda sendiri

Shelter (tempat berteduh) disediakan bagi para pengunjung obyek wisata Pantai Pintu Kota. Ada delapan unit Shelter yang disediakan di tempat ini. Shelter yang dibangun ini berlokasi pada dataran atas perbukitan, sehingga sangat strategis bagi para pengunjung yang duduk santai sambil menikmati indahnya Lautan Banda.

Makanan Ringan. Pengunjung dapat menikmati jajanan yang dijual oleh masyarakat sekitar seperti rujak, gorengan dan ikan laut  yang menjadi jajanan andalan di tempat ini. Jangan takut untuk kehabisan uang karena jajanan di tempat ini terjangkau bagi semua kalangan.

Lahan parkir yang memadai. Lokasi ini menyediakan areal parkir yang cukup luas dan cukup untuk menampung kendaraan dalam jumlah banyak.

Kapan Sebaiknya Saya Kesana ?

Untuk menikmati keindahan Pantai Pintu Kota dimungkinkan sepanjang tahun, tetapi selama musim hujan (Juli-September), namun bagi anda yang memiliki jiwa petualang.Lebih seru jika anda mengunjungi tempat ini pada musim penghujan. Karena anda dapat melihat pemandangan laut yang indah dengan derunya hempasan gelombang menjadi daya tarik tersendiri. 

Know Before You Go

Dikarenakan perjalanan menuju Pantai Pintu Kota anda akan menaikin anak tangga yang terbuat dari batu,sangat disarankan menggunakan sepatu atau sendal yang beralur,ini berguna untuk menghindari anda tergelicir saat menelusurin anak tangga tersebut

Pada Kondisi Siang,Pantai Pintu Kota sangatlah terik,jadi sebelum anda datang untuk menikmati keindahannya,persiapkanlah pelembab atau sunblok yang melindung sahabat TravelEsia dari panas matahari yang dapat menghitamkan kulit anda

Persiapkan juga minuman dan makanan selama disini,karena harga makan dan minuman di pantai Pintu Kota relatif mahal dibandingkan kota Ambon yang hanya berjarak 15-16 km dari pantai ini

Namun Jika Malam Hari, Pantai Pintu Kota cukuplah dingin,jadi persiapkan mantel atau baju hangat anda untuk menikmati kerlingan nakal lampu-lampu kota dan halu lalang kapal-kapal nelayan yang sibuk untuk beranjak pergi mencari ikan sebelum matahari terbit kembali .

Jadi Bagaimana Sahabat TravelEsia,Apakah Anda tertarik Untuk Mengujungi Pantai Pintu Kota ini.Jika Anda berkunjung ke provinsi maluku jadikanlah Pantai Pintu Kota , Pulau Morotai , Gunung Binaiya dan Kepulauan Banda sebagai destinasi wisata anda.Mari Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Destinasi Wisata Dunia.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg