BREAKING NEWS

PULAU TENGAH - Oase Istimewa di Tengah Laut Jawa


Sahabat TravelEsia.Pada kesempatan kali ini TravelEsia Mencoba Memperkenalkan kepada anda mengenai ke indahan pulau tengan yang sebelumnya membahas keindahan pantai karimun jawa yang pada kesempatan sebelumnya TravelEsia membahas keindahan Gunung Bromo , Pantai Papuma dan Desa Wisata Candirejo Yang Ada Di Wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah
 
Keindahan biota laut perairan Pulau Tengah tak perlu lagi dipertanyakan. Didominasi oleh hard corals seperti terumbu karang dari keluarga acroporidae dan juga table coral, di beberapa sudut terlihat sea anemone yang melambai-lambai. Dimana ada sea anemone, dapat dipastikan bahwa tempat itu juga merupakan surga bagi ikan-ikan badut yang lucu dan menggemaskan.

 Pulau Tengah
Ikan badut alias anemonefish dengan warna tubuhnya yang menarik merupakan pemikat mangsa anemone untuk mendekat. Mereka juga membersihkan terumbu karang ini dari sisa-sisa makanannya. Sebagai imbal baliknya, anemone melindungi ikan ini dari para predator dengan tentakelnya. Terumbu karang yang masih merupakan kerabat jauh ubur-ubur ini memang memiliki tentakel yang cukup berbisa dan dapat menimbulkan rasa gatal di kulit manusia yang tersentuh olehnya. Banyak titik snorkeling di Pulau Tengah yang menjadi surga bagi anemone dan ikan badutnya. TravelEsia bahkan sempat terlihat seekor ikan badut dengan tiga garis warna; orange, putih, dan ungu kehitaman.



Terletak sekitar 1,5 jam perjalanan dari mainland, Pulau Tengah ibarat sebuah oase di tengah laut. Pulau seluas 4 hektar ini adalah salah satu tempat favorit untuk merapat dan membakar ikan. Sebuah warung makan kecil berbentuk rumah panggung menyajikan kelapa muda, minuman hangat, dan juga gorengan sebagai pelengkap makan siang yang nikmat. Dua buah resort dibangun di antara pohon-pohon kelapa, siap menjadi tempat beristirahat dan menginap. Bila ingin merasakan sensasi yang berbeda, 3 resort apung lengkap dengan kolam penangkaran ikan hiu di depannya juga tersedia.

Sebagaimana pulau-pulau lainnya di Kepulauan Karimunjawa, pulau ini juga berhiaskan pantai indah berpasir putih dengan perairan yang jernih. Listrik bertenaga generator hanya dinyalakan ketika ada tamu yang menginap. Selebihnya, hanya nyala temaram pelita minyak tanah yang menerangi. Tak ada sinyal handphone, apalagi jaringan internet. Berbaring di atas hammock yang terayun pelan sambil menikmati angin sepoi-sepoi akan seketika menghilangkan penat seusai snorkeling dan berenang.
Tak terlalu jauh dari Pulau Tengah, terdapat sebuah gosong yang biasa disebut Gosong Tengah. Dengan lebar tak sampai 3 meter dan panjang kurang dari 100 meter, daratan pasir putih ini seolah timbul begitu saja di tengah lautan. Dua batang kayu disilangkan di dekatnya sebagai pertanda kedalaman laut yang mendangkal. Berjalan menuju gosong ini, sempat terlihat seekor ikan pari berenang dengan cepat dan anggun. Seekor triton terompet (Charonia tritonis) tergeletak di salah satu sudut dasar laut, tak terlalu jauh dari daratan. So, tertarik untuk merasakan pengalaman bak terdampar di tengah laut ala film-film Hollywood? :)

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg