BREAKING NEWS

Bukit Sorelo : Bukit yang Memiliki Puncak Yang Unik Di Sumatera Selatan


Bukit Serelo, Bukit Serelo atau oleh masyarakat biasa juga di sebut sebagai Bukit Tunjuk. Pantas menjadi kebanggaan Masyarakat Seganti Setungguan. Icon Kabupaten Lahat ini memang mempesonakan mata yang melihat. Bukan sekedar bentuknya yang unik tetapi pesona perbukitan di sekitarnya juga turut mendukung keindahanya. Serta kelok Sungai Lematang yang menjadi urat nadi beberapa masyarakat Kabupaten Lahat ini.

Bukit Sorelo

Menuju Bukit Serelo Memang bukan perkara mudah untuk sekedar mencicipi indahnya panorama dari atas Bukit Batu ini. Selain jalurnya yang memang terjal juga posisi jalan pendakian hampir 75 derajat serta licinnya Jalan. Disamping itu Bukit Serelo ini adalah Bukit Batu yang hanya di tumbuhi oleh tumbuhan semak sejenis Ilalang Setelah kita tiba di lereng di kanan kiri hanya terdapat belukar dan beberapa Pohon Puspa. Yang merimbun di antara celah bebatuan. Dapat di bayangkan jika kita sampai terpeleset dan jatuh. Batu – batuan tajam akan menyambut tubuh anda tentunya.

Ada beberapa tempat untuk para pendaki yang hendak mendirikan tenda untuk menginap. Yaitu di Ngarai daerah Kebun Kopi milik Penduduk. Sekitar setengah jam sabelum ke Bukit. Atau di atas Bukitnya. Di atas bukit terdapat tanah datar berukuran +/- 2,5 m X 3 m. tepatnya di lekukan sebelum sampai di puncaknya. Memang dari atas kita dapat menyaksikan panorama pemandangan kota tetangga yaitu Muara Enim dan Tanjung Enim
Namun penulis Menyarankan supaya berhati – hati jika mendirikan tenda di atas bukit. Selain hawa yang dingin kekuatan angin di atas bukit mampu menerbangkan tenda. Jadi di anjurkan bagi pendaki melihat cuaca sebelum mendirikan tenda di atas Bukit.
Dari Puncak Bukit Serelo Lampu – lampu rumah penduduk terlihat seperti gugusan Bintang.Selain itu jangan lewatkan matahari Pagi. (SunSet) Biasanya pendaki tidak akan melewatkan detik - detik matahari pagi ini. Di sinilah Saat yang paling dinanti oleh para pendaki , yaitu antara jam 05.00 Hingga ke Pukul 08.00 Wib.
Sebagai tambahan Bukit Serelo tidak berdiri sendiri, di sekelilingnya juga terdapat beberapa Bukit yang indah di lihat seperti Bukit Tikus, Bukit Perawan, Bukit Kelingking (Oleh Masyarakat setempat di sebut anak Bukit Serelo) dan Bukit yang penulis Lupa namanya yaitu Bukit Serelo Yang konon kabarnya tempat mencari Pesugihan. Dari atas Bukit Selain di siguhkan pemandangan Daerah perbukitan Sekitar, Kita juga dapat menyaksikan keindahan Sungai Lematang membelah Kabupaten Lahat.
.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg